Minggu, 31 Maret 2019

MATERI TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 (Oleh Rinah Afriani S.Pd)

TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3

Uraian  Kegiatan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa mengidentifikasi kosakata terkait peristiwa siang hari dengan tepat.
2.   Setelah memperhatikan contoh, siswa mampu mengukur panjang benda menggunakan satuan tidak baku dengan benar.
3.   Dengan mengamati hasil pengukuran, siswa dapat mengidentifikasi hasil persamaan dan perbedaan panjang benda dengan menggunakan alat ukur tidak baku dengan benar hasil pengukuran dengan benar.
4.   Dengan mengamati hasil pengukuran, siswa dapat menentukan urutan panjang benda berdasarkan hasil pengukuran menggunakan alat ukur tidak baku dengan benar.
5.   Dengan kegiatan diskusi, siswa mampu menyebutkan hal-hal yang berkaitan dengan sila  kelima baik  simbol maupun bunyi  dengan benar.
6.   Melalui kegiatan menyusun gambar, siswa mampu menunjukkan gambar simbol sila  kelima Pancasila dengan tepat.
7.     Melalui kegiatan bercerita, siswa mampu menceritakan pengalamannya dalam mengamalkan sila  kelima Pancasila dengan percaya diri.

Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar
•     Buku Siswa
    Alat ukur  tidak baku: batang lidi, batang korek  api,  tongkat kayu,  dan sebagainya.
•     Gambar simbol sila-sila Pancasila
•     Pensil warna/krayon.

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
•     Guru  menyapa siswa dan mengondisian kelas agar siap untuk belajar.
•     Salah satu siswa diminta untuk memimpin doa.
    Guru  mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang  akan disampaikan.
          Guru  menjelaskan kegiatan yang  akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar

KEGIATAN INTI

1.      1. AYO MENGAMATI
    Guru  bertanya jawab dengan siswa, apa yang  biasa mereka lakukan jika pulang sekolah?
    Siswa menjawab dengan jawaban yang  beragam. Ada yang  akan menjawab, “Makan siang.” “Tidur siang.” “Bermain bersama adik  atau teman di luar  rumah.” “Bermain bersama adik/teman di dalam rumah.” “Bermain sepeda bersama teman-teman.” dan sebagainya.
    Guru  membagi jawaban siswa menjadi kegiatan yang  dilakukan di dalam dan luar  rumah saat siang hari.

2.       2. AYO BERDISKUSI

                 Siswa diminta mengamati gambar-gambar yang  ada. Kemudian, mengidentifikasi mana kegiatan yang  dapat dilakukan di dalam atau luar  rumah.
                 Mintalah siswa menandai gambar dengan  ) aktivitas yang  dilakukan di luar  rumah dan  ) untuk aktivitas yang  dilakukan di dalam rumah.
                 Setelah siswa mengidentifikasi gambar, guru mengajak siswa untuk mengukur panjang benda yang  ada di sekitar mereka.
                 Guru  mencontohkan mengukur tongkat pramuka yang  ada di kelas dengan jengkal tangan. Guru  dan siswa mengukur bersama-sama. Lalu tuliskan berapa panjang tongkat pramuka, misalnya: 7 jengkal bu guru. Atau  jika jengkal siswa yang  digunakan, hasilnya dapat ditulis: 9 jengkal Udin.
                 Kemudian guru mengajak siswa untuk mengukur panjang tepi  meja siswa menggunakan pensil.
                 Guru  dan siswa menyebutkan ukuran panjang tepi  meja menggunakan pensil dan menuliskan hasilnya, misalkan 10 pensil.
                 Kemudian siswa diminta mengukur benda- benda yang  mereka miliki (pulpen, pensil, atau tepi  buku) menggunakan paper clip/ klip kertas.
        Siswa diminta membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda. Lalu urutkan hasil pengukurannya dengan istilah “kurang dari”, “lebih  dari”, dan “sama dengan”.
                            •      Guru  menjelaskan bahwa kita  dapat mengukur panjang benda dengan satuan tidak baku. Banyak alat ukur  tidak baku yang  dapat kita  gunakan untuk mengukur panjang benda, di antaranya: jengkal, depa, pensil, batang lidi, batang korek  api,  paku ulir, pulpen, dan lain-lain.

3.      AYO BERLATIH

                    Guru  membimbing siswa untuk mengerjakan latihan soal  di buku  tulis tentang pengukuran panjang benda dengan satuan tidak baku.
                    Mintalah siswa untuk mencermati gambar dengan baik.  Ukurlah panjang benda sesuai petunjuk pada gambar.
                    Jangan lupa  untuk selalu menuliskan satuan panjang berdasarkan alat ukur  yang  mereka gunakan.
                    Guru  memberikan konsep tentang mengukur panjang dengan menggunakan satuan tidak baku.

4.      AYO MENGAMATI
                    Kegiatan dilanjutkan dengan mengurutkan hasil pengukuran panjang pada buku  siswa.
                    Mintalah siswa mengurutkan hasil pengukuran panjang menggunakan jengkal.
                    Siswa mengurutkan sesuai hasilnya dari  yang  paling panjang hingga yang paling pendek.
                    Guru  mengingatkan siswa untuk selalu menuliskan hasil pengukuran dengan benar. Jangan lupa  untuk selalu menuliskan satuan yang digunakan untuk mengukur panjang.

5.      AYO BERDISKUSI
                         Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan berdiskusi. Siswa berkumpul bersama kelompoknya untuk menyebutkan bunyi  sila-sila Pancasila.
•     Kemudian, siswa mengingat lambang dari  sila-sila Pancasila tersebut.
                    Siswa yang  masih mengingat dengan baik  dapat membantu teman- teman yang  membutuhkan bantuan.

6.      AYO BERLATIH

                         Kegiatan dilanjutkan dengan menyusun gambar acak yang  menjadi simbol sila  kelima Pancasila.
                         Mintalah siswa bekerja bersama kelompoknya untuk menyusun gambar dengan tepat.
                    Kemudian siswa mendiskusikan salah satu sikap yang  sesuai dengan sila kelima Pancasila, yaitu  berbuat adil  kepada sesama.

7.      AYO BERCERITA
•     Siswa menceritakan pengalamannya dalam berbuat adil  pada sesama.
                         Sebagai akhir dari  kegiatan, guru meminta siswa melakukan refleksi seluruh kegiatan yang  sudah dilakukan hari ini.

Kegiatan Penutup
•     Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
8.        




TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2


Uraian  Kegiatan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mendengarkan penjelasan dari  guru,  siswa mampu mengenal berbagai jenis aktivitas air dengan tepat.
2.   Dengan arahan dari  guru,  siswa mampu mempraktikkan pengenalan jenis aktivitas air dengan baik.
3.   Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang  di dalamnya terdapat kosakata berkaitan dengan peristiwa siang/malam hari dengan benar.
4.   Dengan kegiatan mengamati gambar, siswa mampu menuliskan kosakata yang  terkait dengan peristiwa siang/malam hari dengan tepat.
5.   Dengan mencermati teks bacaan, siswa dapat menulis kalimat peristiwa siang hari dengan huruf tegak bersambung dengan benar.

Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar
•     Buku siswa

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Inti


Ayo Mencoba


    Guru  memulai pelajaran dengan menanyakan apakah siswa sudah membawa pakaian ganti untuk mereka melakukan aktivitas air?
    Apakah ada siswa yang  membawa pakaian renang? Jika ada siswa yang tidak memiliki, mereka bisa memakai baju olahraga yang  mereka miliki.


   Guru  mengajak siswa ke kolam renang. Bisa yang  ada di sekolah, lokasi luar  sekolah, atau pusat kota yang  masih terjangkau jaraknya. Selain kolam renang, guru bisa juga mengajak siswa ke sungai yang  dangkal atau pantai, sesuai potensi daerah masing-masing.
•     Siswa diajak untuk melakukan aktivitas air secara perlahan.
   Guru  mengajak siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan senam sederhana dengan menggerakkan kepala, tangan, dan pinggang.


Ayo Mengamati


•     Siswa mulai masuk ke kolam yang  dangkal sebagai perkenalan.


    Mulailah dengan berdiri di kolam dangkal terlebih dahulu hingga air membasahi lututnya.
    Ajak siswa bermain siram-siraman air terlebih dahulu sehingga mereka semakin berani beraktivitas dengan air.
     Kemudian mintalah siswa berdiri dengan posisi tangan direntangkan ke atas.
     Guru juga mencontohkan gerakan berdiri dengan tangan direntangkan ke atas.
    Siswa menirukan gerakan tersebut beberapa kali hingga mereka benar-benar berani.
    Jika masih ada siswa yang belum berani, guru dapat membantu dengan memegang kedua tangan siswa dari arah depan. Siswa berdiri sambil dipegangi guru.
    Lakukan berulang kali sambil dipegangi lalu cobalah untuk melepaskan pegangan.
    Setelah kegiatan inti selesai lakukan kegiatan pendinginan dan mintalah siswa untuk mandi/berbilas kemudian mengganti pakaian dengan seragam sekolah.
     Siswa kembali ke kelas/sekolah untuk melanjutkan kegiatan berikutnya.



Ayo Membaca


    Setelah siswa siap,  siswa diminta membaca teks Indahnya Suasana Pantai dengan nyaring.

    Guru  bertanya jawab tentang peristiwa alam, khususnya siang hari sesuai dengan teks. Guru  dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut.
                                                                                                                                                                                                                                                                                             Kapan Dayu dan keluarga pergi tamasya?
Kemana keluarga Dayu bertamasya?
Apa yang  mereka lihat di pantai?
Apa yang  Dayu lakukan saat di pantai?
Bagaimana perasaan Dayu saat tamasya ke pantai?


Ayo Menulis


•     Siswa diminta menulis kata-kata yang  sesuai untuk peristiwa siang hari.

    Tulislah kata-kata yang  sesuai dengan gambar yang  ada.
    Kata-kata di dalam kotak pada buku  siswa dapat membantu mengidentifikasi peristiwa siang hari yang  sesuai dengan gambar.
    Sebagai penutup siswa diminta melakukan refleksi kegiatan yang  sudah mereka lakukan sepanjang hari ini.

Kegiatan Penutup
•     Pelajaran ditutup dengan doa bersama.