Minggu, 31 Maret 2019

TEMA 8 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2


Uraian  Kegiatan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mendengarkan penjelasan dari  guru,  siswa mampu mengenal berbagai jenis aktivitas air dengan tepat.
2.   Dengan arahan dari  guru,  siswa mampu mempraktikkan pengenalan jenis aktivitas air dengan baik.
3.   Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang  di dalamnya terdapat kosakata berkaitan dengan peristiwa siang/malam hari dengan benar.
4.   Dengan kegiatan mengamati gambar, siswa mampu menuliskan kosakata yang  terkait dengan peristiwa siang/malam hari dengan tepat.
5.   Dengan mencermati teks bacaan, siswa dapat menulis kalimat peristiwa siang hari dengan huruf tegak bersambung dengan benar.

Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar
•     Buku siswa

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Inti


Ayo Mencoba


    Guru  memulai pelajaran dengan menanyakan apakah siswa sudah membawa pakaian ganti untuk mereka melakukan aktivitas air?
    Apakah ada siswa yang  membawa pakaian renang? Jika ada siswa yang tidak memiliki, mereka bisa memakai baju olahraga yang  mereka miliki.


   Guru  mengajak siswa ke kolam renang. Bisa yang  ada di sekolah, lokasi luar  sekolah, atau pusat kota yang  masih terjangkau jaraknya. Selain kolam renang, guru bisa juga mengajak siswa ke sungai yang  dangkal atau pantai, sesuai potensi daerah masing-masing.
•     Siswa diajak untuk melakukan aktivitas air secara perlahan.
   Guru  mengajak siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan senam sederhana dengan menggerakkan kepala, tangan, dan pinggang.


Ayo Mengamati


•     Siswa mulai masuk ke kolam yang  dangkal sebagai perkenalan.


    Mulailah dengan berdiri di kolam dangkal terlebih dahulu hingga air membasahi lututnya.
    Ajak siswa bermain siram-siraman air terlebih dahulu sehingga mereka semakin berani beraktivitas dengan air.
     Kemudian mintalah siswa berdiri dengan posisi tangan direntangkan ke atas.
     Guru juga mencontohkan gerakan berdiri dengan tangan direntangkan ke atas.
    Siswa menirukan gerakan tersebut beberapa kali hingga mereka benar-benar berani.
    Jika masih ada siswa yang belum berani, guru dapat membantu dengan memegang kedua tangan siswa dari arah depan. Siswa berdiri sambil dipegangi guru.
    Lakukan berulang kali sambil dipegangi lalu cobalah untuk melepaskan pegangan.
    Setelah kegiatan inti selesai lakukan kegiatan pendinginan dan mintalah siswa untuk mandi/berbilas kemudian mengganti pakaian dengan seragam sekolah.
     Siswa kembali ke kelas/sekolah untuk melanjutkan kegiatan berikutnya.



Ayo Membaca


    Setelah siswa siap,  siswa diminta membaca teks Indahnya Suasana Pantai dengan nyaring.

    Guru  bertanya jawab tentang peristiwa alam, khususnya siang hari sesuai dengan teks. Guru  dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut.
                                                                                                                                                                                                                                                                                             Kapan Dayu dan keluarga pergi tamasya?
Kemana keluarga Dayu bertamasya?
Apa yang  mereka lihat di pantai?
Apa yang  Dayu lakukan saat di pantai?
Bagaimana perasaan Dayu saat tamasya ke pantai?


Ayo Menulis


•     Siswa diminta menulis kata-kata yang  sesuai untuk peristiwa siang hari.

    Tulislah kata-kata yang  sesuai dengan gambar yang  ada.
    Kata-kata di dalam kotak pada buku  siswa dapat membantu mengidentifikasi peristiwa siang hari yang  sesuai dengan gambar.
    Sebagai penutup siswa diminta melakukan refleksi kegiatan yang  sudah mereka lakukan sepanjang hari ini.

Kegiatan Penutup
•     Pelajaran ditutup dengan doa bersama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar