Uraian Kegiatan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan penjelasan dari guru,
siswa mampu mengenal berbagai jenis aktivitas
air dengan tepat.
2. Dengan arahan
dari guru, siswa mampu mempraktikkan pengenalan jenis aktivitas air dengan baik.
3. Dengan kegiatan
membaca nyaring, siswa mampu mengidentifikasi
kalimat yang di dalamnya terdapat kosakata
berkaitan dengan peristiwa siang/malam hari dengan benar.
4. Dengan kegiatan
mengamati gambar, siswa
mampu menuliskan kosakata yang terkait dengan peristiwa
siang/malam hari
dengan tepat.
5. Dengan mencermati teks bacaan, siswa dapat menulis
kalimat peristiwa siang hari dengan huruf tegak bersambung dengan benar.
Media/Alat
Bantu dan Sumber
Belajar
• Buku
siswa
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Inti
Ayo Mencoba
• Guru
memulai pelajaran dengan menanyakan apakah siswa sudah
membawa pakaian ganti untuk mereka melakukan
aktivitas air?
• Apakah ada siswa yang
membawa pakaian renang?
Jika ada siswa yang tidak memiliki, mereka
bisa memakai baju olahraga yang mereka miliki.
• Guru
mengajak siswa ke kolam renang. Bisa yang ada di
sekolah, lokasi luar sekolah, atau
pusat kota yang masih terjangkau jaraknya.
Selain kolam renang, guru bisa juga mengajak siswa ke sungai yang dangkal atau pantai,
sesuai potensi daerah masing-masing.
• Siswa diajak untuk melakukan
aktivitas air secara perlahan.
• Guru
mengajak siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu
dengan senam sederhana dengan menggerakkan kepala,
tangan, dan pinggang.
Ayo Mengamati
•
Siswa mulai masuk ke
kolam yang dangkal sebagai perkenalan.
• Mulailah dengan
berdiri di kolam dangkal terlebih dahulu
hingga air membasahi lututnya.
• Ajak siswa bermain
siram-siraman air terlebih dahulu sehingga mereka semakin berani beraktivitas dengan air.
• Kemudian mintalah siswa berdiri dengan posisi tangan direntangkan ke atas.
• Guru juga mencontohkan gerakan berdiri dengan tangan direntangkan ke atas.
• Siswa menirukan
gerakan tersebut beberapa kali hingga mereka benar-benar berani.
• Jika masih ada siswa yang belum berani,
guru dapat membantu dengan memegang kedua tangan siswa dari arah depan. Siswa berdiri sambil dipegangi guru.
• Lakukan berulang
kali sambil dipegangi lalu cobalah untuk melepaskan pegangan.
• Setelah kegiatan
inti selesai lakukan kegiatan pendinginan dan mintalah siswa untuk mandi/berbilas kemudian mengganti pakaian dengan seragam sekolah.
• Siswa kembali ke kelas/sekolah untuk melanjutkan kegiatan berikutnya.
Ayo Membaca
• Setelah siswa siap, siswa diminta membaca teks Indahnya
Suasana Pantai dengan nyaring.
• Guru
bertanya jawab tentang
peristiwa alam, khususnya
siang hari sesuai dengan teks. Guru dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut.
Kapan
Dayu dan keluarga
pergi tamasya?
Kemana keluarga
Dayu bertamasya?
Apa yang
mereka lihat di pantai?
Apa yang
Dayu lakukan saat di pantai?
Bagaimana perasaan
Dayu saat tamasya ke pantai?
Ayo Menulis
• Siswa diminta menulis kata-kata yang sesuai untuk peristiwa siang hari.
• Tulislah kata-kata yang
sesuai dengan gambar yang
ada.
• Kata-kata di dalam kotak pada buku siswa dapat membantu mengidentifikasi peristiwa siang hari
yang sesuai dengan gambar.
• Sebagai penutup siswa diminta melakukan
refleksi kegiatan yang sudah mereka lakukan sepanjang hari ini.
Kegiatan Penutup
• Pelajaran ditutup
dengan doa bersama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar