BAHAN AJAR
Hari/
Tanggal : Senin/ 22 Juli 2019
Kelas
: 1C
Semester
:
1
Tema/
Subtema : 1 (Diriku) / 2 (Tubuhku)
Pembelajaran :
1
JAM PERTEMUAN
|
KD
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
|
SUMBER
PEMBELAJARAN/ALAT PRAGA
|
INSTRUMEN
PENILAIAN
|
KET
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2,3,4,9
|
Bahasa
Indonesia
3.4 Mengenal kosa kata tentang anggota tubuh dan
panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan,
slogan sederhana, dan atau syair lagu)
4.4 Menjelaskan dengan kosa katan yang tepat
tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya (berupa gambar dan
tulisan) dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan.
PPKn
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah
SBdP
3.3 Memahami gerak anggota tubuh melalui tari
|
¡ Melalui lagu, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh.
¡ Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat menyebutkan bacaan nama
bagian-bagian tubuh.
¡ Melalui ragam gerak, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh.
¡ Setelah berdiskusi dengan teman, siswa dapat menunjukkan aturan
tentang menjaga kesehatan tubuh di rumah hubungannya dengan makan makanan
yang sehat.
¡ Dengan berlatih, siswa dapat mengenali kosa kata dan memasangkan
bagian-bagian tubuh dengan namanya.
¡ Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan aturan saat makan di
rumah.
|
Inti
¡ Untuk
mencairkan suasana, guru mengajak siswa untuk menyanyi bersama “Dua mata
saya”. (lihat buku siswa halaman 2)
¡ Sambil menyanyikan lagu “Dua mata saya”, siswa menunjuk
bagian-bagian tubuh sesuai dengan teks lagu.
¡ Setelah itu,
guru menunjukkan gambar bagian-bagian tubuh dan menempelnya di papan tulis. (Kegiatan literasi)
¡ Minta siswa
mengamati gambar tubuh tersebut. Gambar tubuh tersebut belum ada namanya.
¡ Guru lalu
bertanya pada siswa apakah ada yang mengetahui nama-nama bagian tubuh pada
gambar yang ditempel di papan tulis. Guru mengapresiasi jawaban siswa yang
mau menjawab dengan meminta siswa tersebut untuk menunjukkan bagian tubuh
sesuai dengan jawabannya.
¡ Guru memancing
siswa lain untuk aktif mengidentifikasi nama-nama bagian tubuh. (Gotong royong: kerjasama, solidaritas, saling
menolong)
¡ Guru meminta
semua siswa untuk mengecek jawaban mereka. Guru lalu mengambil kartu kata
nama-nama anggota tubuh.
¡ Guru
memperlihatkan salah satu kartu nama anggota tubuh dan membacakannya. Minta
salah satu siswa untuk menempelkan kartu nama tersebut di dekat bagian tubuh
sesuai dengan yang dimaksud.
¡ Guru
memperlihatkan kartu yang lain, membacakannya, dan meminta siswa yang lain
untuk menempel kartu nama tersebut. Begitu seterusnya sampai semua kartu nama
anggota tubuh tertempel pada gambar.
¡ Guru dan siswa
mengecek bersama. Guru menunjuk salah satu bagian tubuh dan menyebutkan
namanya. Guru lalu membaca kartu nama anggota tubuh yang tertempel di dekat
anggota tubuh tersebut. Cocok atau tidak ya antara nama anggota tubuh di
kartu dengan anggota tubuh yang dimaksud.
¡ Jika ada kartu
nama yang salah tempel, minta siswa lain untuk membetulkannya.
¡ Setelah semua
kartu nama anggota tubuh sudah dicek, guru lalu membacakan semua kartu nama
anggota tubuh sambil menunjuk anggota tubuh yang dimaksud. Siswa menirukan
bacaan dari guru. (lihat buku siswa halaman 39)
¡ Setelah siswa
menirukan, guru dan siswa bersama-sama membaca nyaring nama-nama bagian tubuh
sambil guru menunjuk nama dan anggota tubuh yang dimaksud.
¡ Guru lalu
bertanya kepada siswa, bagaimana ya caranya supaya badan sehat. (siswa akan
memberi banyak jawaban, salah satunya adalah makan) (Mandiri : menumbuhkan rasa ingin tahu)
¡ Guru bertanya
kepada siswa, bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak
makan, sedang makan, dan selesai makan.
¡ Untuk menjawab
pertanyaan tersebut, guru meminta siswa menggali informasi dari teman
sebangku tentang aturan saat makan di rumah.
¡ Siswa akan
bertanya jawab, yaitu bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat
hendak makan, sedang makan, dan selesai makan.
¡ Guru lalu
meminta siswa berpasangan dengan seorang teman di sebelah kanannya (bisa juga
dengan teman sebangku/semeja). Setiap pasangan saling bertanya jawab/diskusi
tentang aturan saat makan.
¡ Jenis
pertanyaan dipandu oleh guru, seperti: apakah tadi pagi sudah makan? Sebelum
makan, apakah ada yang harus kamu lakukan? Kalau makan di mana, di meja makan
atau boleh dimana saja? Kalau makan, apakah bersama-sama dengan anggota
keluarga atau sendiri-sendiri? Bagaimana sikap saat makan? Bagaimana sikap
jika sudah selesai makan?
¡ Kemudian guru
meminta perwakilan siswa untuk menunjukkan tentang sikap saat makan di rumah.
¡ Setelah
selesai, guru minta siswa mengamati buku siswa halaman 40. Apakah dari hasil diskusi tentang aturan sikap siswa
saat hendak, akan, dan setelah makan ada yang sesuai dengan gambar di buku
siswa? (Kegiatan literasi)
¡ Setelah itu guru merangkum semua jawaban siswa dan
menyampaikan informasi tentang aturan di rumah tentang makan. Secara umum
aturan pada saat makan adalah sebagai berikut:
- Mencuci tangan sebelum makan
-
Berdoa sebelum makan
-
Makan sambil duduk
¡ Guru
menanamkan kepada siswa untuk mengikuti aturan di rumah saat makan.
¡ Sebelum
kegiatan ditutup, siswa dan guru bergerak bersama dalam sebuah ragam gerak
“Kepala pundak lutut kaki”. (lihat di buku siswa pada halaman 41).
¡ Guru memberi
contoh terlebih dulu, lalu siswa mengamati dan kemudian mengikuti. Guru dan
siswa bergerak sesuai dengan irama lagu tersebut.
¡ Guru
memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa mengikuti ragam gerak
“Kepala pundak lutut kaki”. Instruksi gerak dasar tersebut adalah:
-
Sikap berdiri,
pandangan ke depan
-
Kedua tangan di
pinggang
-
Kedua kaki
dibuka, lutut ditekuk
-
Gerak kepala tengok kanan dan kiri
¡ Awalnya bersama-sama.
Lalu bergantian per 10 orang siswa mengulangi gerakan tariannya.
¡ Setelah
menari, semua siswa mengerjakan latihan di buku siswa halaman 42 dan 43.
Di akhir kegiatan, guru mengulang
kembali nama-nama bagian tubuh. (Integritas : kejujuran,
keteladanan, kesantunan)
Penutup
¡ Guru melakukan
refleksi sebelum menutup kegiatan:
-
Bagaimana
perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini?
-
Kegiatan apa yang
paling kamu sukai? Mengapa?
-
Kegiatan mana
yang paling mudah/sulit? Mengapa?
¡ Setelah refleksi, guru memimpin siswa untuk berdoa sebelum
pulang.
¡ Guru mempersilahkan siswa pulang. Siswa memberi salam pada
guru.
Tiba di
rumah, siswa memberi salam kepada orang tua. (Mandiri : membiasakan
sikap santun, religius dan hormat)
|
¡ Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
¡ Syair lagu “Dua Mata Saya”
¡ Gambar anggota tubuh manusia yang lengkap
¡ Video lagu Dua Mata Saya
¡ Video bagian-bagian tubuh.
|
1.
Penilaian Sikap
2.
Penilaian Pengetahuan
3.
Penilaian Keterampilan
|
|
BAHAN AJAR
Hari/
Tanggal : Selasa / 23 Juli 2019
Kelas
: 1C
Semester
:
1
Tema/
Subtema : 1 (Diriku) / 2 (Tubuhku)
Pembelajaran :
1 dan 2
Ø
PEMBELAJARAN 2
JAM PERTEMUAN
|
KD
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
|
SUMBER
PEMBELAJARAN/ALAT PRAGA
|
INSTRUMEN
PENILAIAN
|
KET
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2,3,4,8
|
Bahasa
Indonesia
1.4
3.9 Mengenal kosa kata
tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek
(berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)
4.4 Menjelaskan
dengan kosa katan yang tepat tentang anggota tubuh dan panca indera serta
perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulisan.
|
¡ Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat menggunakan kosa kata
tentang panca indera.
¡ Dengan berlatih, siswa dapat menjodohkan gambar panca indera dan
bacaannya
|
Pendahuluan
¡ Pada awal pelajaran, guru memberi salam. (Mandiri : membiasakan sikap santun, religius dan
hormat)
Guru meminta semua siswa untuk berdiri. Guru akan mengajak siswa bermain
untuk melatih konsentrasi sekaligus mengecek pelajaran sebelumnya tentang
bagian-bagain tubuh. Nama permainannya adalah “Guru
Berkata”. (lihat buku siswa halaman 44). (Kegiatan literasi)
Inti
¡ Guru meminta untuk mengikuti instruksi guru. Siswa harus mengikuti instruksi tersebut. Tapi,
instruksi hanya boleh diikuti jika guru terlebih dulu mengucapkan, “Guru
berkata…”. Jika guru memberikan instruksi tanpa didahului oleh ucapan “Guru
berkata…”, maka siswa tidak boleh mengikuti.
¡ Guru memberikan contoh terlebih dulu:
- “Guru berkata, pegang hidung” (maka semua siswa
memegang hidung).
-
“Guru berkata, pegang kepala” (maka semua siswa
memegang kepala).
-
“Pegang mata”. (siswa tidak boleh mengikuti karena
tidak didahului dengan ucapan “guru berkata”. jika ada yang mengikuti berarti
belum konsentrasi)
¡ Setelah siswa
paham aturan permainannya, maka guru bisa langsung memulai permainan “Guru
berkata”.
¡ Guru bisa mengamati siswa yang dapat mengikuti dan
tidak dapat mengikuti permainan tersebut. Ada dua kemungkinan. Pertama
konsentrasi siswa belum sepenuhnya ke guru atau siswa belum dapat menunjukkan
bagian-bagian tubuh yang dimaksud.
¡ Setelah permainan selesai, guru menanyakan kepada siswa
bagaimana perasaan mereka setelah mengikuti permainan tersebut. Apakah ada
yang sulit? Bagian mana? (Mandiri : kerja keras,
kreatif, disiplin, rajin belajar)
¡ Guru lalu
membagi siswa dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok ditugaskan
untuk berdiskusi dan bercerita tentang bagian-bagian anggota tubuh beserta
kegunaannya. (lihat buku siswa halaman 45).
¡ Guru memberi
waktu 15 menit kepada setiap kelompok. Setelah itu, guru meminta perwakilan
dari setiap kelompok untuk bercerita tentang hasil kerja kelompoknya, yaitu
menceritakan tentang bagian-bagian anggota tubuh beserta kegunaannya.
¡ Guru mengamati
kegiatan tersebut untuk mencari tahu seberapa banyak yang bisa diketahui
siswa tentang bagian-bagian tubuh serta kegunaannya.
¡ Setelah semua
perwakilan kelompok selesai bercerita, guru melengkapi informasi tentang
bagian-bagian anggota tubuh beserta kegunaannya. Sebagai penguatan, kemudian
siswa diminta mengerjakan latihan di buku siswa halaman 46.
¡ Siswa diminta
kembali ke bangku masing-masing.
¡ Guru lalu
menyampaikan informasi bahwa bagian-bagian tubuh tertentu ada yang memiliki
kegunaan khusus. Bagian-bagian tubuh tersebut dinamakan panca indera.
¡ Guru meminta
siswa mengamati buku siswa halaman 47. Guru bertanya pada siswa, kegiatan apa
saja yang kira-kira dilakukan oleh anak-anak pada gambar di buku siswa
halaman 47? Anggota tubuh apa yang digunakan pada kegiatan pada gambar
tersebut?
¡ Guru
mengapresiasi jawaban-jawaban siswa yang beragam. (Integritas : kejujuran,
keteladanan, kesantunan)
¡ Guru lalu
menjelaskan tentang panca indera.
¡ Setelah itu,
guru menunjukkan gambar bagian-bagian panca indera dan menempelnya di papan tulis lengkap dengan nama dan kegunaannya. (lihat buku
siswa halaman 48).
¡ Guru lalu meminta siswa melihat ke buku siswa halaman
48. Guru meminta siswa menirukan ucapan guru saat membacakan
kalimat di halaman tersebut tentang panca indera dan kegunaannya. Kegiatan ini
diulang beberapa kali.
Guru
menguji konsentrasi siswa saat menirukan ucapan guru dengan bertanya pada
beberapa siswa secra acak tentang kalimat yang barus aja dibacakan. Missal,
mata untuk…, kulit untuk…, dan seterusnya.
Penutup
Sebagai
penutup, siswa berlatih mengerjakan soal di buku siswa halaman 13 untuk
menguatkan pemahaman siswa tentang panca indera. (Mandiri : kerja keras,
kreatif, disiplin, rajin belajar)
|
¡ Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
¡ Gambar anggota tubuh yang
belum dilengkapi dengan nama-namanya
¡ Gambar bagian-bagian tubuh
¡ Gambar Panca Indra beserta
Fungsinya
¡ Gambar cara Membaca Yang
tepat
|
1.
Penilaian Sikap
2.
Penilaian Pengetahuan
3.
Penilaian Keterampilan
|
|
BAHAN AJAR
Hari/
Tanggal : Rabu / 24 Juli 2019
Kelas
: 1C
Semester
:
1
Tema/
Subtema : 1 (Diriku) / 2 (Tubuhku)
Pembelajaran :
3 dan 4
Ø
PEMBELAJARAN 3
JAM PERTEMUAN
|
KD
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
|
SUMBER
PEMBELAJARAN/ALAT PRAGA
|
INSTRUMEN
PENILAIAN
|
KET
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3,4,5,6,7
|
Bahasa
Indonesia
3.4
3.4 Mengenal kosa kata
tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek
(berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)
4.4 Menjelaskan
dengan kosa katan yang tepat tentang anggota tubuh dan panca indera serta
perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulisan.
PPKn
3.2
3.2 Memahami aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan
kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
¡ Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh dari guru, siswa dapat
menunjukkan dan mendemonstrasikan posisi yang tepat saat duduk dan membaca.
¡ Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh dari guru, siswa dapat
menunjukkan dan mendemonstrasikan jarak yang tepat antar mata dan objek saat
membaca.
¡ Dengan mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat
menggali informasi tentang waktu yang tepat untuk tidur di malam hari dan
bangun di pagi hari.
|
Pendahuluan
Pada
awal pelajaran, guru memancing siswa dengan bertanya apakah ada yang suka
membaca? Buku apa yang suka dibaca? Minta siswa mendemonstrasikan posisi
duduk dan jarak mata dengan objek saat membaca di rumah. (Mandiri : menumbuhkan rasa ingin tahu)
Inti
¡ Guru mengamati
para siswa.
¡ Setelah itu,
guru memperlihatkan gambar yang menunjukkan posisi tutuh yang tepat saat
dudu. Guru juga memperlihatkan gambar yang menunjukkan poisisi tubuh dan
jarak mata dengan objek saat membaca.
¡ Guru bertanya
pada siswa apa pendapat mereka tentang gambar-gambar tersebut. Minta siswa
membandingkan antara gambar dengan posisi tubuh mereka saat duduk dan membaca
yang mereka demonstrasikan. (Mandiri : menumbuhkan
rasa ingin tahu)
¡ Guru lalu
mendemonstrasikan posisi tubuh sesuai dengan gambar yang barusan
diperlihatkan, baik posisi tubuh yang tepat maupun yang salah.
¡ Minta siswa
mengamati. Minta mereka menunjukkan mana posisi tubuh guru yang benar dan
mana yang salah.
¡ Guru lalu
meminta siswa mendemonstrasikan posisi tubuh yang tepat saat duduk
berdasarkan informasi dan demonstrasi yang sudah para siswa lihat.
¡ Guru
mengamati, mengevaluasi, dan membetulkan posisi tubuh para siswa saat duduk.
Guru meminta siswa berdiri, lalu duduk kembali dengan posisi tubuh yang
tepat. Kegiatan ini diulang beberapa kali sampai para siswa memahami posisi
tubuh yang tepat saat duduk.
¡ Begitu pula
untuk mengatur jarak mata dengan objek saat membaca. Guru meminta siswa
mendemonstrasikan posisi tubuh saat duduk sekaligus mengatur jarak antara
mata dan objek saat membaca. Bila posisi tubuh saat duduk tepat, maka akan memudahkan
siswa untuk mengatur jarak mata dengan objek saat membaca.
¡ Setelah itu,
guru meminta siswa untuk berdiri. Sambil menyanyi, siswa diajak untuk
mengenal nama-nama jari sambil menunjukkan jari yang dimaksud. (lihat buku
siswa di halaman 53).
¡ Untuk
menguatkan, guru meminta siswa mengamati gambar di halaman 52. Siswa diminta
menjawab pertanyaan yang ada di teks bacaan di halaman 52 menggunakan jari.
(teks dibacakan oleh guru).
¡ Kemudian, guru
meminta siswa berlatih mengerjakan soal di halaman 54. Siswa mengerjakan
sambil duduk dengan posisi tubuh yang tepat serta mengatur jarak antara mata
dengan buku siswa.
¡ Setelah
selesai mengerjakan soal, guru kembali bertanya jawab dengan siswa. Guru
menanyakan rutinitas di rumah saat hendak tidur di malam hari dan bangun di
pagi hari. Rutinitas di malam hari termasuk, waktu saat tidur malam, kegiatan
yang dilakukan sebelum tidur malam, waktu bangun di padi hari, dan kegiatan
yang dilakukan setelah bangun di pagi hari.
¡ Guru
mengapresiasi jawaban siswa. Guru lalu dengan meminta siswa mengamati gambar
di buku siswa pada halaman 56.
¡ Guru lalu
menunjuk beberapa siswa secara acak untuk minta siswa untuk menceritakan apa
yang dilakukan oleh Siti di gambar tersebut dan membandingkannya dengan
rutinitas siswa tersebut di rumah saat akan tidur dan bangun pagi.
Guru
lalu melengkapi informasi tentang rutinitas saat hendak tidur di malam hari
dan bangun di pagi hari bahwa tidur di malam hari yang cukup sangat penting
untuk menjaga kesehatan tubuh. (Mandiri : kerja keras,
kreatif, disiplin, rajin belajar)
Penutup
Guru
menutup kegiatan dengan mengulangi secara singkat penjelasan tentang posisi
tubuh saat duduk dan membaca, membilang dengan jari, dan rutinitas di malam
hari saat hendak tidur serta bangun di pagi hari. (Mandiri : kerja keras,
kreatif, disiplin, rajin belajar)
|
¡ Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
¡ Gambar yang menunjukkan posisi duduk yang tepat.
¡ Gambar yang menunjukkan jarak yang tepat antara mata dan objek bacaan.
¡ Video posisi duduk saat membaca yang tepat
¡ Video bagian bbagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain
|
1.
Penilaian Sikap
2.
Penilaian Pengetahuan
3.
Penilaian Keterampilan
|
|
Ø
PEMBELAJARAN 4
JAM PERTEMUAN
|
KD
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
|
SUMBER
PEMBELAJARAN/ALAT PRAGA
|
INSTRUMEN
PENILAIAN
|
KET
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3,4,5,6,7
|
Bahasa
Indonesia
3.1
3.1 Mengenal kegiatan
persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan
buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang)
dengan cara yang benar
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca
permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang
buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih
tempat dengan cahaya terang) dengan cara yang benar
SBdP
3.3 Memahami
gerak anggota tubuh melalui tari
|
¡ Dengan mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat
mengidentifikasi dan mendemonstrasikan cara memegang dan membalik buku serta
membaca dengan pencahayaan yang benar.
¡ Dengan tarian, siswa dapat menggerakkan anggota tubuh sesuai irama
lagu dengan hitungan.
|
Pendahuluan
Guru
memberi salam sebagai awal pelajaran. (Mandiri : membiasakan
sikap santun, religius dan hormat)
¡ Minta
siswa untuk menutup buku siswa dan membuka halaman demi halaman buku siswa
yang dipegang oleh siswa dari halaman depan. Guru mengamati cara mereka
memegang dan membuka halaman buku.
¡ Minta
siswa berhenti di halaman 59 dan amati gambar di halaman tersebut. Tunjuk
beberapa siswa secara acak untuk menjelaskan tentang gambar itu.
¡ Guru
lalu memberikan informasi yang lebih lengkap bahwa gambar tersebut
menunjukkan cara memegang dan membalik halaman buku yang tepat. Termasuk
penyebab mengapa perlu untuk memegang dan membalik halaman buku dengan tepat.
¡ Guru
juga menjelaskan bahwa saat membaca, posisi cahaya dan banyaknya cahaya juga
penting agar kesehatan mata tetap terjaga.
¡ Guru
lalu meminta siswa mendemonstrasikan cara memegang buku dan membalik
halamannya. Siswa diminta untuk menerapkan posisi tubuh saat duduk yang tepat
serta mengatur posisi antara mata dan buku dengan benar.
¡ Guru
mengamati siswa yang sedang melakukan demonstrasi, mengevaluasinya, dan
membetulkan cara dan posisi tubuh yang salah.
¡ Guru
menutup kegiatan di hari ini dengan menari.
¡ Minta
siswa untuk berdiri. Guru memutar musik/memainkan alat musik, lalu minta
siswa untuk mendengarkan musik tersebut.
¡ Guru
mengajak siswa untuk menggerakkan anggota tubuh, yaitu kepala, badan, tangan,
dan kaki sesuai dengan irama lagu yang sedang didengarkan.
¡ Guru
memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa berkreasi membuat
gerakan sendiri. Instruksi gerak dasar tersebut adalah:
-
Sikap berdiri, pandangan ke
depan
-
Kedua tangan di pinggang
-
Kedua kaki dibuka, lutut
ditekuk
-
Gerak kepala tengok kanan dan
kiri
Siswa bebas
menciptakan/mengkreasikan gerakan masing-masing asal sesuai dengan irama
lagu/hitungan yang ada di alat musik/musik yang sedang didengarkan. (Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin
belajar)
Penutup
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡ Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan
penilaian hasil belajar
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran) (Mandiri : membiasakan
sikap santun, religius dan hormat)
|
¡ Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
¡ Gambar yang menunjukkan posisi duduk yang tepat.
¡ Gambar yang menunjukkan jarak yang tepat antara mata dan objek bacaan.
¡ Video posisi duduk saat membaca yang tepat
¡ Video bagian bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain
|
1.
Penilaian Sikap
2.
Penilaian Pengetahuan
3.
Penilaian Keterampilan
|
|
BAHAN AJAR
Hari/
Tanggal : Kamis / 25 Juli 2019
Kelas
: 1C
Semester
:
1
Tema/
Subtema : 1 (Diriku) / 2 (Tubuhku)
Pembelajaran :
5 dan 6
Ø
PEMBELAJARAN 5
JAM PERTEMUAN
|
KD
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
|
SUMBER
PEMBELAJARAN/ALAT PRAGA
|
INSTRUMEN
PENILAIAN
|
KET
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2,3,5,6,8
|
Bahasa
Indonesia
3.3
Mengenal lambang bunyi
vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3
Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau
bahasa daerah
|
¡ Dengan bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat menyusun
huruf-huruf nama anggota tubuh.
|
Pendahuluan
Guru memberikan salam pembuka
di awal pelajaran. (Mandiri : membiasakan
sikap santun, religius dan hormat)
Inti
¡ Guru
menunjukkan kembali gambar bagian-bagian tubuh (saat pembelajaran 1) dan
menempelnya di papan tulis. Gambar tersebut sudah dilengkapi dengan kartu
nama bagian-bagian tubuh.
¡ Guru
ingin mengetahui apakah para siswa masih ingat dengan nama bagian-bagain
tubuh. Guru meminta salah seorang siswa untuk maju ke depan kelas. Guru
menyebutkan satu bagian tubuh dan meminta siswa tersebut untuk menunjuk
gambar bagian tubuh yang dimaksud serta membaca kartu nama bagian tubuh
tersebut. Setelah membaca kartu nama bagian tubuh, siswa juga menyebutkan
huruf-huruf penyusunnya.
¡ Guru
meminta siswa yang lain lagi untuk melakukan kegiatan yang sama dengan nama
bagian tubuh yang berbeda.
¡ Guru
kemudian meminta semua siswa untuk membaca nama bagian-bagian tubuh
bersama-sama beserta huruf-huruf penyusunnya.
¡ Guru
lalu memulai permainan. Gambar bagian-bagian tubuh tetap terpasang, tapi
kartu namanya disimpan terlebih dulu.
¡ Guru
membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set
kartu huruf dari a sampai z.
¡ Setiap
kelompok diminta melihat buku siswa di halaman 62. Bersama teman kelompok,
siswa berlatih menyusun huruf-huruf penyusun nama bagian-bagain tubuh.
Setelah disusun, dilafalkan huruf-huruf penyusunnya dan menceritakan tentang
banyaknya anggota tubuh tersebut.
¡ Guru
berkeliling dan mengamati kerja di setiap kelompok. Saat waktu mengerjakan
selesai, guru meminta setiap kelompok untuk maju ke depan kelas secara
bergiliran.
¡ Setiap
kelompok menunjukkan kartu-kartu huruf penyusun nama bagian tubuh. Ada
anggota kelompok yang melafalkan huruf-huruf penyusunnya dan ada yang
menceritakan tentang banyaknya bagian tubuh itu.
Siswa lalu kembali ke tempat
duduk masing-masing dan mengerjakan latihan di buku siswa halaman 63 secara
individu. Bila telah selesai, siswa menutup buku dan kembali konsentrasi ke
guru. (Mandiri : kerja keras,
kreatif, disiplin, rajin belajar)
Penutup
Kegiatan di hari itu ditutup
dengan berlatih tentang lambang bilangan dan namanya. (lihat buku siswa
halaman 66 dan 67) (Mandiri : menumbuhkan
rasa ingin tahu)
|
¡ Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
¡ Kartu-kartu huruf dari a-z
¡ Kartu-kartu huruf vocal
|
1.
Penilaian Sikap
2.
Penilaian Pengetahuan
3.
Penilaian Keterampilan
|
|
Ø
PEMBELAJARAN 6
JAM PERTEMUAN
|
KD
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
|
SUMBER
PEMBELAJARAN/ALAT PRAGA
|
INSTRUMEN
PENILAIAN
|
KET
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2,3,5,6,8
|
Bahasa
Indonesia
3.3
Mengenal lambang bunyi
vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3 Melafalkan
bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
PPKn
3.2
Memahami aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
¡ Dengan membaca nyaring, siswa dapat melafalkan huruf vokal dan
konsonan.
¡ Setelah membaca nyaring, siswa dapat membaca kata tentang anggota
tubuh.
¡ Dengan berolahraga secara teratur, siswa dapat menjaga kesehatan
tubuhnya.
|
Pendahuluan
Guru memberikan salam pembuka
di awal pelajaran. (Mandiri : membiasakan
sikap santun, religius dan hormat)
Inti
¡ Guru
mengajak anak bernyanyi lagu “a-b-c” agar anak mengingat kembali susunan
huruf a-z.
¡ Guru
lalu memperlihatkan sebuah kertas/ karton berukuran besar. Kertas/karton itu
bertuliskan kata-kata tentang anggota tubuh. (lihat buku siswa di halaman 68)
¡ Guru
akan membacakan kata-kata yang tertulis di kertas/karton tersebut. Minta siswa
menirukan ucapan guru.
¡ Guru
membaca kata-kata di kertas/karton sambil menunjuk kata yang dimaksud. Guru
juga membaca kata yang dimaksud dengan cara mengeja huruf penyusun kata, per
suku kata lalu per huruf. Siswa menirukannya.
¡ Guru
mengulangi membaca nyaring ini sebanyak 3 kali. Guru lalu meminta beberapa
siswa untuk maju ke depan kelas. (Gotong royong:
kerjasama, solidaritas, saling menolong)
¡ Setelah itu guru mengganti kertas/karton kata dengan
kartu bilangan beserta namanya.
¡ Kembali
guru dan siswa membaca bersama-sama nama bilangan sesuai dengan lambangnya.
¡ Siswa
lalu berlatih menuliskan lambang bilangan sesuai dengan namanya. Jika siswa
mengalami kesulitan untuk membaca nama bilangan, bisa melihat kartu lambang
bilangan dan namanya yang ditempel di papan tulis. Siswa bisa
mengidentifikasi huruf-huruf penyusun nama bilangan yang ada di soal dan
mencocokkannya dengan nama bilangan yang ditempel di papan tulis. Siswa lalu
menuliskan lambang bilangannya. (lihat buku siswa di halaman 69)
¡ Siswa
juga berlatih menuliskan lambang bilangan sesaui dengan banyaknya anggota
tubuh. (lihat buku siswa di halaman 70)
¡ Setelah
belajar di dalam kelas, guru mengajak siswa untuk beraktifitas di luar kelas.
¡ Siswa
bersama-sama akan melakukan kegiatan olahraga. Guru menyampaikan informasi
mengenai pentingnya berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh.
¡ Pertama,
siswa melakukan pemanasan dengan berjalan keliling lapangan sekolah. Lalu
siswa berkumpul di tengah lapangan dan membentuk barisa. Siswa menggerakkan
anggota tubuh, seperti kepala, kaki dan tangan agar otot tubuh tidak kaku.
Gerakan tubuh saat pemanasan menirukan gerakan guru.
¡ Setelah
pemanasan, siswa diminta memilih pasangan. Perempuan dengan perempuan,
laki-laki dengan laki-laki. Setiap pasangan diminta bergandengan tangan.
Semua pasangan berdiri berjajar di satu sisi lapangan.
Guru memberikan aba-aba dengan
meniup peluit. Saat aba-aba terdengar, siswa berlari lurus menuju sisi lapangan yang lain bersama pasangannya dan kembali lagi ke
sisi lapangan semula. (Mandiri : kerja keras,
kreatif, disiplin, rajin belajar)
Penutup
Kegiatan hari itu ditutup
dengan melakukan pendinginan. Siswa beristirahat sambil duduk meluruskan kaki dan minum. (Mandiri : menumbuhkan sikap spotif)
|
¡ Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
|
1.
Penilaian Sikap
2.
Penilaian Pengetahuan
3.
Penilaian Keterampilan
|
|
|
|
Bandar Lampung, Juli 2019
|
||
Wali Kelas I C
|
|
Guru Kelas I C
|
||
|
|
|
||
Rinah Afriani, S.Pd.
|
|
Mayang Arista, S.Pd.
|
||
|
||||
|
Mengetahui,
|
|
||
|
Kepala SD Al –
Azhar 3
|
|
||
|
|
|
||
|
Dra. Hj. Sri Wilani, M.Pd.
|
|
||
|
|
|
||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar