Minggu, 21 Juli 2019

BAHAN AJAR KELAS 1 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1-6 Oleh Rinah Afriani, S.Pd


BAHAN AJAR
Hari/ Tanggal            : Senin/ 22 Juli 2019
Kelas                           : 1C
Semester                     : 1
Tema/ Subtema         : 1 (Diriku) / 2 (Tubuhku)
Pembelajaran                        : 1
JAM PERTEMUAN
KD
TUJUAN PEMBELAJARAN
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
SUMBER PEMBELAJARAN/ALAT PRAGA
INSTRUMEN PENILAIAN
KET
1
2
3
4
5
6
7
2,3,4,9
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)

4.4 Menjelaskan dengan kosa katan yang tepat tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan.

PPKn
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

SBdP
3.3 Memahami gerak anggota tubuh melalui tari
¡  Melalui lagu, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh.
¡  Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat menyebutkan bacaan nama bagian-bagian tubuh.
¡  Melalui ragam gerak, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh.
¡  Setelah berdiskusi dengan teman, siswa dapat menunjukkan aturan tentang menjaga kesehatan tubuh di rumah hubungannya dengan makan makanan yang sehat.
¡  Dengan berlatih, siswa dapat mengenali kosa kata dan memasangkan bagian-bagian tubuh dengan namanya.
¡  Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan aturan saat makan di rumah.

Inti
¡  Untuk mencairkan suasana, guru mengajak siswa untuk menyanyi bersama “Dua mata saya”. (lihat buku siswa halaman 2)

¡  Sambil menyanyikan lagu “Dua mata saya”, siswa menunjuk bagian-bagian tubuh sesuai dengan teks lagu.
¡  Setelah itu, guru menunjukkan gambar bagian-bagian tubuh dan menempelnya di papan tulis. (Kegiatan literasi)
¡  Minta siswa mengamati gambar tubuh tersebut. Gambar tubuh tersebut belum ada namanya.
¡  Guru lalu bertanya pada siswa apakah ada yang mengetahui nama-nama bagian tubuh pada gambar yang ditempel di papan tulis. Guru mengapresiasi jawaban siswa yang mau menjawab dengan meminta siswa tersebut untuk menunjukkan bagian tubuh sesuai dengan jawabannya.
¡  Guru memancing siswa lain untuk aktif mengidentifikasi nama-nama bagian tubuh. (Gotong royong: kerjasama, solidaritas, saling menolong)
¡  Guru meminta semua siswa untuk mengecek jawaban mereka. Guru lalu mengambil kartu kata nama-nama anggota tubuh.
¡  Guru memperlihatkan salah satu kartu nama anggota tubuh dan membacakannya. Minta salah satu siswa untuk menempelkan kartu nama tersebut di dekat bagian tubuh sesuai dengan yang dimaksud.
¡  Guru memperlihatkan kartu yang lain, membacakannya, dan meminta siswa yang lain untuk menempel kartu nama tersebut. Begitu seterusnya sampai semua kartu nama anggota tubuh tertempel pada gambar.
¡  Guru dan siswa mengecek bersama. Guru menunjuk salah satu bagian tubuh dan menyebutkan namanya. Guru lalu membaca kartu nama anggota tubuh yang tertempel di dekat anggota tubuh tersebut. Cocok atau tidak ya antara nama anggota tubuh di kartu dengan anggota tubuh yang dimaksud.
¡  Jika ada kartu nama yang salah tempel, minta siswa lain untuk membetulkannya.
¡  Setelah semua kartu nama anggota tubuh sudah dicek, guru lalu membacakan semua kartu nama anggota tubuh sambil menunjuk anggota tubuh yang dimaksud. Siswa menirukan bacaan dari guru. (lihat buku siswa halaman 39)
¡  Setelah siswa menirukan, guru dan siswa bersama-sama membaca nyaring nama-nama bagian tubuh sambil guru menunjuk nama dan anggota tubuh yang dimaksud.
¡  Guru lalu bertanya kepada siswa, bagaimana ya caranya supaya badan sehat. (siswa akan memberi banyak jawaban, salah satunya adalah makan) (Mandiri : menumbuhkan rasa ingin tahu)
¡  Guru bertanya kepada siswa, bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan selesai makan.
¡  Untuk menjawab pertanyaan tersebut, guru meminta siswa menggali informasi dari teman sebangku tentang aturan saat makan di rumah.
¡  Siswa akan bertanya jawab, yaitu bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan selesai makan.
¡  Guru lalu meminta siswa berpasangan dengan seorang teman di sebelah kanannya (bisa juga dengan teman sebangku/semeja). Setiap pasangan saling bertanya jawab/diskusi tentang aturan saat makan.
¡  Jenis pertanyaan dipandu oleh guru, seperti: apakah tadi pagi sudah makan? Sebelum makan, apakah ada yang harus kamu lakukan? Kalau makan di mana, di meja makan atau boleh dimana saja? Kalau makan, apakah bersama-sama dengan anggota keluarga atau sendiri-sendiri? Bagaimana sikap saat makan? Bagaimana sikap jika sudah selesai makan?
¡  Kemudian guru meminta perwakilan siswa untuk menunjukkan tentang sikap saat makan di rumah.
¡  Setelah selesai, guru minta siswa mengamati buku siswa halaman 40. Apakah dari hasil diskusi tentang aturan sikap siswa saat hendak, akan, dan setelah makan ada yang sesuai dengan gambar di buku siswa? (Kegiatan literasi)
¡  Setelah itu guru merangkum semua jawaban siswa dan menyampaikan informasi tentang aturan di rumah tentang makan. Secara umum aturan pada saat makan adalah sebagai berikut:
-       Mencuci tangan sebelum makan
-       Berdoa sebelum makan
-       Makan sambil duduk
¡  Guru menanamkan kepada siswa untuk mengikuti aturan di rumah saat makan.
¡   Sebelum kegiatan ditutup, siswa dan guru bergerak bersama dalam sebuah ragam gerak “Kepala pundak lutut kaki”. (lihat di buku siswa pada halaman 41).
¡  Guru memberi contoh terlebih dulu, lalu siswa mengamati dan kemudian mengikuti. Guru dan siswa bergerak sesuai dengan irama lagu tersebut.
¡  Guru memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa mengikuti ragam gerak “Kepala pundak lutut kaki”. Instruksi gerak dasar tersebut adalah:
-      Sikap berdiri, pandangan ke depan
-      Kedua tangan di pinggang
-      Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk
-      Gerak kepala tengok kanan dan kiri
¡  Awalnya bersama-sama. Lalu bergantian per 10 orang siswa mengulangi gerakan tariannya.
¡  Setelah menari, semua siswa mengerjakan latihan di buku siswa halaman 42 dan 43.
Di akhir kegiatan, guru mengulang kembali nama-nama bagian tubuh. (Integritas : kejujuran, keteladanan, kesantunan)
Penutup
¡  Guru melakukan refleksi sebelum menutup kegiatan:
-      Bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini?
-      Kegiatan apa yang paling kamu sukai? Mengapa?
-      Kegiatan mana yang paling mudah/sulit? Mengapa?
¡  Setelah refleksi, guru memimpin siswa untuk berdoa sebelum pulang.
¡  Guru mempersilahkan siswa pulang. Siswa memberi salam pada guru.
Tiba di rumah, siswa memberi salam kepada orang tua. (Mandiri : membiasakan sikap santun, religius dan hormat)
¡  Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
¡  Syair lagu “Dua Mata Saya”
¡  Gambar anggota tubuh manusia yang lengkap
¡  Video lagu Dua Mata Saya
¡  Video bagian-bagian tubuh.



1.      Penilaian Sikap
2.      Penilaian Pengetahuan
3.      Penilaian Keterampilan






BAHAN AJAR
Hari/ Tanggal            : Selasa / 23 Juli 2019
Kelas                           : 1C
Semester                     : 1
Tema/ Subtema         : 1 (Diriku) / 2 (Tubuhku)
Pembelajaran                        : 1 dan 2
Ø  PEMBELAJARAN 2
JAM PERTEMUAN
KD
TUJUAN PEMBELAJARAN
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
SUMBER PEMBELAJARAN/ALAT PRAGA
INSTRUMEN PENILAIAN
KET
1
2
3
4
5
6
7
2,3,4,8
Bahasa Indonesia
1.4              3.9 Mengenal kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)
4.4 Menjelaskan dengan kosa katan yang tepat tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan.
¡  Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat menggunakan kosa kata tentang panca indera.
¡  Dengan berlatih, siswa dapat menjodohkan gambar panca indera dan bacaannya
Pendahuluan
¡  Pada awal pelajaran, guru memberi salam. (Mandiri : membiasakan sikap santun, religius dan hormat) Guru meminta semua siswa untuk berdiri. Guru akan mengajak siswa bermain untuk melatih konsentrasi sekaligus mengecek pelajaran sebelumnya tentang bagian-bagain tubuh. Nama permainannya adalah “Guru Berkata”. (lihat buku siswa halaman 44). (Kegiatan literasi)
Inti
¡  Guru meminta untuk mengikuti instruksi guru. Siswa harus mengikuti instruksi tersebut. Tapi, instruksi hanya boleh diikuti jika guru terlebih dulu mengucapkan, “Guru berkata…”. Jika guru memberikan instruksi tanpa didahului oleh ucapan “Guru berkata…”, maka siswa tidak boleh mengikuti.
¡  Guru memberikan contoh terlebih dulu:
-       “Guru berkata, pegang hidung” (maka semua siswa memegang hidung).
-       “Guru berkata, pegang kepala” (maka semua siswa memegang kepala).
-       “Pegang mata”. (siswa tidak boleh mengikuti karena tidak didahului dengan ucapan “guru berkata”. jika ada yang mengikuti berarti belum konsentrasi)
¡  Setelah siswa paham aturan permainannya, maka guru bisa langsung memulai permainan “Guru berkata”.
¡  Guru bisa mengamati siswa yang dapat mengikuti dan tidak dapat mengikuti permainan tersebut. Ada dua kemungkinan. Pertama konsentrasi siswa belum sepenuhnya ke guru atau siswa belum dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh yang dimaksud.
¡  Setelah permainan selesai, guru menanyakan kepada siswa bagaimana perasaan mereka setelah mengikuti permainan tersebut. Apakah ada yang sulit? Bagian mana? (Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
¡  Guru lalu membagi siswa dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok ditugaskan untuk berdiskusi dan bercerita tentang bagian-bagian anggota tubuh beserta kegunaannya. (lihat buku siswa halaman 45).
¡  Guru memberi waktu 15 menit kepada setiap kelompok. Setelah itu, guru meminta perwakilan dari setiap kelompok untuk bercerita tentang hasil kerja kelompoknya, yaitu menceritakan tentang bagian-bagian anggota tubuh beserta kegunaannya.
¡  Guru mengamati kegiatan tersebut untuk mencari tahu seberapa banyak yang bisa diketahui siswa tentang bagian-bagian tubuh serta kegunaannya.
¡  Setelah semua perwakilan kelompok selesai bercerita, guru melengkapi informasi tentang bagian-bagian anggota tubuh beserta kegunaannya. Sebagai penguatan, kemudian siswa diminta mengerjakan latihan di buku siswa halaman 46.
¡  Siswa diminta kembali ke bangku masing-masing.
¡  Guru lalu menyampaikan informasi bahwa bagian-bagian tubuh tertentu ada yang memiliki kegunaan khusus. Bagian-bagian tubuh tersebut dinamakan panca indera.
¡  Guru meminta siswa mengamati buku siswa halaman 47. Guru bertanya pada siswa, kegiatan apa saja yang kira-kira dilakukan oleh anak-anak pada gambar di buku siswa halaman 47? Anggota tubuh apa yang digunakan pada kegiatan pada gambar tersebut?
¡  Guru mengapresiasi jawaban-jawaban siswa yang beragam. (Integritas : kejujuran, keteladanan, kesantunan)
¡  Guru lalu menjelaskan tentang panca indera.
¡  Setelah itu, guru menunjukkan gambar bagian-bagian panca indera dan menempelnya di papan tulis lengkap dengan nama dan kegunaannya. (lihat buku siswa halaman 48).
¡  Guru lalu meminta siswa melihat ke buku siswa halaman 48. Guru meminta siswa menirukan ucapan guru saat membacakan kalimat di halaman tersebut tentang panca indera dan kegunaannya. Kegiatan ini diulang beberapa kali.
Guru menguji konsentrasi siswa saat menirukan ucapan guru dengan bertanya pada beberapa siswa secra acak tentang kalimat yang barus aja dibacakan. Missal, mata untuk…, kulit untuk…, dan seterusnya.
Penutup
Sebagai penutup, siswa berlatih mengerjakan soal di buku siswa halaman 13 untuk menguatkan pemahaman siswa tentang panca indera. (Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
¡  Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
¡  Gambar anggota tubuh yang belum dilengkapi dengan nama-namanya
¡  Gambar bagian-bagian tubuh
¡  Gambar Panca Indra beserta Fungsinya
¡  Gambar cara Membaca Yang tepat


1.      Penilaian Sikap
2.      Penilaian Pengetahuan
3.      Penilaian Keterampilan












BAHAN AJAR
Hari/ Tanggal            : Rabu / 24 Juli 2019
Kelas                           : 1C
Semester                     : 1
Tema/ Subtema         : 1 (Diriku) / 2 (Tubuhku)
Pembelajaran                        : 3 dan 4
Ø  PEMBELAJARAN 3
JAM PERTEMUAN
KD
TUJUAN PEMBELAJARAN
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
SUMBER PEMBELAJARAN/ALAT PRAGA
INSTRUMEN PENILAIAN
KET
1
2
3
4
5
6
7
3,4,5,6,7
Bahasa Indonesia
3.4              3.4 Mengenal kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)
4.4             Menjelaskan dengan kosa katan yang tepat tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya (berupa gambar dan tulisan) dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan.
PPKn
3.2   3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2             Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
¡  Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh dari guru, siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan posisi yang tepat saat duduk dan membaca.
¡  Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh dari guru, siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan jarak yang tepat antar mata dan objek saat membaca.
¡  Dengan mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menggali informasi tentang waktu yang tepat untuk tidur di malam hari dan bangun di pagi hari.

Pendahuluan
Pada awal pelajaran, guru memancing siswa dengan bertanya apakah ada yang suka membaca? Buku apa yang suka dibaca? Minta siswa mendemonstrasikan posisi duduk dan jarak mata dengan objek saat membaca di rumah. (Mandiri : menumbuhkan rasa ingin tahu)
Inti
¡  Guru mengamati para siswa.
¡  Setelah itu, guru memperlihatkan gambar yang menunjukkan posisi tutuh yang tepat saat dudu. Guru juga memperlihatkan gambar yang menunjukkan poisisi tubuh dan jarak mata dengan objek saat membaca.
¡  Guru bertanya pada siswa apa pendapat mereka tentang gambar-gambar tersebut. Minta siswa membandingkan antara gambar dengan posisi tubuh mereka saat duduk dan membaca yang mereka demonstrasikan. (Mandiri : menumbuhkan rasa ingin tahu)
¡  Guru lalu mendemonstrasikan posisi tubuh sesuai dengan gambar yang barusan diperlihatkan, baik posisi tubuh yang tepat maupun yang salah.
¡  Minta siswa mengamati. Minta mereka menunjukkan mana posisi tubuh guru yang benar dan mana yang salah.
¡  Guru lalu meminta siswa mendemonstrasikan posisi tubuh yang tepat saat duduk berdasarkan informasi dan demonstrasi yang sudah para siswa lihat.
¡  Guru mengamati, mengevaluasi, dan membetulkan posisi tubuh para siswa saat duduk. Guru meminta siswa berdiri, lalu duduk kembali dengan posisi tubuh yang tepat. Kegiatan ini diulang beberapa kali sampai para siswa memahami posisi tubuh yang tepat saat duduk.
¡  Begitu pula untuk mengatur jarak mata dengan objek saat membaca. Guru meminta siswa mendemonstrasikan posisi tubuh saat duduk sekaligus mengatur jarak antara mata dan objek saat membaca. Bila posisi tubuh saat duduk tepat, maka akan memudahkan siswa untuk mengatur jarak mata dengan objek saat membaca.
¡  Setelah itu, guru meminta siswa untuk berdiri. Sambil menyanyi, siswa diajak untuk mengenal nama-nama jari sambil menunjukkan jari yang dimaksud. (lihat buku siswa di halaman 53).
¡  Untuk menguatkan, guru meminta siswa mengamati gambar di halaman 52. Siswa diminta menjawab pertanyaan yang ada di teks bacaan di halaman 52 menggunakan jari. (teks dibacakan oleh guru).
¡  Kemudian, guru meminta siswa berlatih mengerjakan soal di halaman 54. Siswa mengerjakan sambil duduk dengan posisi tubuh yang tepat serta mengatur jarak antara mata dengan buku siswa.
¡  Setelah selesai mengerjakan soal, guru kembali bertanya jawab dengan siswa. Guru menanyakan rutinitas di rumah saat hendak tidur di malam hari dan bangun di pagi hari. Rutinitas di malam hari termasuk, waktu saat tidur malam, kegiatan yang dilakukan sebelum tidur malam, waktu bangun di padi hari, dan kegiatan yang dilakukan setelah bangun di pagi hari.
¡  Guru mengapresiasi jawaban siswa. Guru lalu dengan meminta siswa mengamati gambar di buku siswa pada halaman 56.
¡  Guru lalu menunjuk beberapa siswa secara acak untuk minta siswa untuk menceritakan apa yang dilakukan oleh Siti di gambar tersebut dan membandingkannya dengan rutinitas siswa tersebut di rumah saat akan tidur dan bangun pagi.
Guru lalu melengkapi informasi tentang rutinitas saat hendak tidur di malam hari dan bangun di pagi hari bahwa tidur di malam hari yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. (Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
Penutup
Guru menutup kegiatan dengan mengulangi secara singkat penjelasan tentang posisi tubuh saat duduk dan membaca, membilang dengan jari, dan rutinitas di malam hari saat hendak tidur serta bangun di pagi hari. (Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
¡  Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
¡  Gambar yang menunjukkan posisi duduk yang tepat.
¡  Gambar yang menunjukkan jarak yang tepat antara mata dan objek bacaan.
¡  Video posisi duduk saat membaca yang tepat
¡  Video bagian bbagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain

1.      Penilaian Sikap
2.      Penilaian Pengetahuan
3.      Penilaian Keterampilan

Ø  PEMBELAJARAN 4
JAM PERTEMUAN
KD
TUJUAN PEMBELAJARAN
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
SUMBER PEMBELAJARAN/ALAT PRAGA
INSTRUMEN PENILAIAN
KET
1
2
3
4
5
6
7
3,4,5,6,7
Bahasa Indonesia
3.1               3.1 Mengenal kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang) dengan cara yang benar
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya terang) dengan cara yang benar
SBdP
3.3            Memahami gerak anggota tubuh melalui tari
¡  Dengan mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi dan mendemonstrasikan cara memegang dan membalik buku serta membaca dengan pencahayaan yang benar.
¡  Dengan tarian, siswa dapat menggerakkan anggota tubuh sesuai irama lagu dengan hitungan.

Pendahuluan
Guru memberi salam sebagai awal pelajaran. (Mandiri : membiasakan sikap santun, religius dan hormat)
¡  Minta siswa untuk menutup buku siswa dan membuka halaman demi halaman buku siswa yang dipegang oleh siswa dari halaman depan. Guru mengamati cara mereka memegang dan membuka halaman buku.
¡  Minta siswa berhenti di halaman 59 dan amati gambar di halaman tersebut. Tunjuk beberapa siswa secara acak untuk menjelaskan tentang gambar itu.
¡  Guru lalu memberikan informasi yang lebih lengkap bahwa gambar tersebut menunjukkan cara memegang dan membalik halaman buku yang tepat. Termasuk penyebab mengapa perlu untuk memegang dan membalik halaman buku dengan tepat.
¡  Guru juga menjelaskan bahwa saat membaca, posisi cahaya dan banyaknya cahaya juga penting agar kesehatan mata tetap terjaga.
¡  Guru lalu meminta siswa mendemonstrasikan cara memegang buku dan membalik halamannya. Siswa diminta untuk menerapkan posisi tubuh saat duduk yang tepat serta mengatur posisi antara mata dan buku dengan benar.
¡  Guru mengamati siswa yang sedang melakukan demonstrasi, mengevaluasinya, dan membetulkan cara dan posisi tubuh yang salah.
¡  Guru menutup kegiatan di hari ini dengan menari.
¡  Minta siswa untuk berdiri. Guru memutar musik/memainkan alat musik, lalu minta siswa untuk mendengarkan musik tersebut.
¡  Guru mengajak siswa untuk menggerakkan anggota tubuh, yaitu kepala, badan, tangan, dan kaki sesuai dengan irama lagu yang sedang didengarkan.
¡  Guru memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa berkreasi membuat gerakan sendiri. Instruksi gerak dasar tersebut adalah:
-          Sikap berdiri, pandangan ke depan
-          Kedua tangan di pinggang
-          Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk
-          Gerak kepala tengok kanan dan kiri
Siswa bebas menciptakan/mengkreasikan gerakan masing-masing asal sesuai dengan irama lagu/hitungan yang ada di alat musik/musik yang sedang didengarkan. (Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)

Penutup
¡  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡  Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Mandiri : membiasakan sikap santun, religius dan hormat)
¡  Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
¡  Gambar yang menunjukkan posisi duduk yang tepat.
¡  Gambar yang menunjukkan jarak yang tepat antara mata dan objek bacaan.
¡  Video posisi duduk saat membaca yang tepat
¡  Video bagian bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain

1.      Penilaian Sikap
2.      Penilaian Pengetahuan
3.      Penilaian Keterampilan




BAHAN AJAR
Hari/ Tanggal            : Kamis / 25 Juli 2019
Kelas                           : 1C
Semester                     : 1
Tema/ Subtema         : 1 (Diriku) / 2 (Tubuhku)
Pembelajaran                        : 5 dan 6
Ø  PEMBELAJARAN 5
JAM PERTEMUAN
KD
TUJUAN PEMBELAJARAN
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
SUMBER PEMBELAJARAN/ALAT PRAGA
INSTRUMEN PENILAIAN
KET
1
2
3
4
5
6
7
2,3,5,6,8
Bahasa Indonesia
3.3               Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3  Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
¡  Dengan bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat menyusun huruf-huruf nama anggota tubuh.

Pendahuluan
Guru memberikan salam pembuka di awal pelajaran. (Mandiri : membiasakan sikap santun, religius dan hormat)
Inti
¡  Guru menunjukkan kembali gambar bagian-bagian tubuh (saat pembelajaran 1) dan menempelnya di papan tulis. Gambar tersebut sudah dilengkapi dengan kartu nama bagian-bagian tubuh.
¡  Guru ingin mengetahui apakah para siswa masih ingat dengan nama bagian-bagain tubuh. Guru meminta salah seorang siswa untuk maju ke depan kelas. Guru menyebutkan satu bagian tubuh dan meminta siswa tersebut untuk menunjuk gambar bagian tubuh yang dimaksud serta membaca kartu nama bagian tubuh tersebut. Setelah membaca kartu nama bagian tubuh, siswa juga menyebutkan huruf-huruf penyusunnya.
¡  Guru meminta siswa yang lain lagi untuk melakukan kegiatan yang sama dengan nama bagian tubuh yang berbeda.
¡  Guru kemudian meminta semua siswa untuk membaca nama bagian-bagian tubuh bersama-sama beserta huruf-huruf penyusunnya.
¡  Guru lalu memulai permainan. Gambar bagian-bagian tubuh tetap terpasang, tapi kartu namanya disimpan terlebih dulu.
¡  Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan satu set kartu huruf dari a sampai z.
¡  Setiap kelompok diminta melihat buku siswa di halaman 62. Bersama teman kelompok, siswa berlatih menyusun huruf-huruf penyusun nama bagian-bagain tubuh. Setelah disusun, dilafalkan huruf-huruf penyusunnya dan menceritakan tentang banyaknya anggota tubuh tersebut.
¡  Guru berkeliling dan mengamati kerja di setiap kelompok. Saat waktu mengerjakan selesai, guru meminta setiap kelompok untuk maju ke depan kelas secara bergiliran.
¡  Setiap kelompok menunjukkan kartu-kartu huruf penyusun nama bagian tubuh. Ada anggota kelompok yang melafalkan huruf-huruf penyusunnya dan ada yang menceritakan tentang banyaknya bagian tubuh itu.
Siswa lalu kembali ke tempat duduk masing-masing dan mengerjakan latihan di buku siswa halaman 63 secara individu. Bila telah selesai, siswa menutup buku dan kembali konsentrasi ke guru.  (Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
Penutup
Kegiatan di hari itu ditutup dengan berlatih tentang lambang bilangan dan namanya. (lihat buku siswa halaman 66 dan 67) (Mandiri : menumbuhkan rasa ingin tahu)
¡  Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
¡  Kartu-kartu huruf dari a-z
¡  Kartu-kartu huruf vocal
1.      Penilaian Sikap
2.      Penilaian Pengetahuan
3.      Penilaian Keterampilan

Ø  PEMBELAJARAN 6
JAM PERTEMUAN
KD
TUJUAN PEMBELAJARAN
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
SUMBER PEMBELAJARAN/ALAT PRAGA
INSTRUMEN PENILAIAN
KET
1
2
3
4
5
6
7
2,3,5,6,8
Bahasa Indonesia
3.3               Mengenal lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
PPKn
3.2               Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2  Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
¡  Dengan membaca nyaring, siswa dapat melafalkan huruf vokal dan konsonan.
¡  Setelah membaca nyaring, siswa dapat membaca kata tentang anggota tubuh.
¡  Dengan berolahraga secara teratur, siswa dapat menjaga kesehatan tubuhnya.

Pendahuluan
Guru memberikan salam pembuka di awal pelajaran. (Mandiri : membiasakan sikap santun, religius dan hormat)

Inti
¡  Guru mengajak anak bernyanyi lagu “a-b-c” agar anak mengingat kembali susunan huruf a-z.
¡  Guru lalu memperlihatkan sebuah kertas/ karton berukuran besar. Kertas/karton itu bertuliskan kata-kata tentang anggota tubuh. (lihat buku siswa di halaman 68)
¡  Guru akan membacakan kata-kata yang tertulis di kertas/karton tersebut. Minta siswa menirukan ucapan guru.
¡  Guru membaca kata-kata di kertas/karton sambil menunjuk kata yang dimaksud. Guru juga membaca kata yang dimaksud dengan cara mengeja huruf penyusun kata, per suku kata lalu per huruf. Siswa menirukannya.
¡  Guru mengulangi membaca nyaring ini sebanyak 3 kali. Guru lalu meminta beberapa siswa untuk maju ke depan kelas. (Gotong royong: kerjasama, solidaritas, saling menolong)
¡  Setelah itu guru mengganti kertas/karton kata dengan kartu bilangan beserta namanya.
¡  Kembali guru dan siswa membaca bersama-sama nama bilangan sesuai dengan lambangnya.
¡  Siswa lalu berlatih menuliskan lambang bilangan sesuai dengan namanya. Jika siswa mengalami kesulitan untuk membaca nama bilangan, bisa melihat kartu lambang bilangan dan namanya yang ditempel di papan tulis. Siswa bisa mengidentifikasi huruf-huruf penyusun nama bilangan yang ada di soal dan mencocokkannya dengan nama bilangan yang ditempel di papan tulis. Siswa lalu menuliskan lambang bilangannya. (lihat buku siswa di halaman 69)
¡  Siswa juga berlatih menuliskan lambang bilangan sesaui dengan banyaknya anggota tubuh. (lihat buku siswa di halaman 70)
¡  Setelah belajar di dalam kelas, guru mengajak siswa untuk beraktifitas di luar kelas.
¡  Siswa bersama-sama akan melakukan kegiatan olahraga. Guru menyampaikan informasi mengenai pentingnya berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh.
¡  Pertama, siswa melakukan pemanasan dengan berjalan keliling lapangan sekolah. Lalu siswa berkumpul di tengah lapangan dan membentuk barisa. Siswa menggerakkan anggota tubuh, seperti kepala, kaki dan tangan agar otot tubuh tidak kaku. Gerakan tubuh saat pemanasan menirukan gerakan guru.
¡  Setelah pemanasan, siswa diminta memilih pasangan. Perempuan dengan perempuan, laki-laki dengan laki-laki. Setiap pasangan diminta bergandengan tangan. Semua pasangan berdiri berjajar di satu sisi lapangan.
Guru memberikan aba-aba dengan meniup peluit. Saat aba-aba terdengar, siswa berlari lurus menuju sisi lapangan yang lain bersama pasangannya dan kembali lagi ke sisi lapangan semula. (Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
Penutup
Kegiatan hari itu ditutup dengan melakukan pendinginan. Siswa beristirahat sambil duduk meluruskan kaki dan minum. (Mandiri : menumbuhkan sikap spotif)
¡ Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi), Tema : Diriku, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.

1.      Penilaian Sikap
2.      Penilaian Pengetahuan
3.      Penilaian Keterampilan



Bandar Lampung,  Juli 2019
Wali Kelas I C

Guru Kelas I C





Rinah Afriani, S.Pd.




Mayang Arista, S.Pd.



Mengetahui,


Kepala SD Al – Azhar 3






Dra. Hj. Sri Wilani, M.Pd.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar