OPERASI HITUNG BILANGAN SAMPAI DENGAN 20
1. Menghitung dan mengurutkan banyak benda
a. Membilang atau menghitung secara urut
b. Menyebutkan banyak benda
Contoh :
1 ikatan lidi ditambah 1 ikatan lidi sama dengan 2 ikatan lidi
Satu ikatan lidi sama dengan 10 lidi jadi 10 + 10 = 20
c. Membandingkan dua kumpulan benda
d. Membaca dan menulis lambang bilangan
1) Membaca lambang bilangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
10
12
13
14
15
16
17
18
19
20
2) Menulis lambang bilangan
Contoh :
Lambang bilangan dari sebelas adalah 11
Lambang bilangan dari empat belas adalah 14
e. Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur
f. Membilang loncat sampai dengan 20
g. Mengurutkan sekelompok bilangan
Contoh :
Urutkan enam kartu bilangan dari terkecil enam
Jawab :
6 7 8 9 10 11
2. Menjumlah dan mengurang bilangan
a. Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
Didalam tas eni ada 7 pensil
Eni memasukkan lagi 5 pensil
Coba berapa pensil didalam tas eni sekarang?
Jawab :
7 + 5 = 12
Jadi pensil didalam tas eni sekarang ada 12
b. Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
c. Membaca dan menggunakan symbol +, - dan =
1) Menjumlahkan dua bilangan satu angka
Contoh :
10 + 2 = 12
20 + 3 = 23
2) Menjumlahkan tiga bilangan satu angka secara berurutan
a) Hasil sampai dengan 10
Contoh :
3 + 4 + 1 = 7 + 1 = 8
4 + 3 + 2 = 7 + 2 = 9
b) Hasil sampai dengan 20
Contoh :
4 + 5 + 6 = 9 + 6 = 15
9 + 8 + 4 =17 + 4 = 21
3) Mengurangkan bilangan satu angka dari bilangan dua angka
Perhatikan contoh berikut :
Contoh :
15 – 9 = 6
18 – 9 = 9
d. Mengingat penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
10 + 2 = 12
9 – 2 = 7
e. Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan pengelompokan
1) Sifat pertukaran
3 + 9 = 12
9 + 3 = 12
2) Sifat pengelompokan
3 + 4 + 6 = (3 + 4) + 6
= 7 + 6
= 13
11 + 4 + 5 = (11+4) + 5
= 15 + 5
= 20
CATATAN : pengerjaan dalam tanda kurung didahulukan
3. Menggunakan nilai tempat
a. Menulis bilangan 2 angka
Contoh :
12 = 10 + 2 = 1 puluhan + 2 satuan
15 = 10 + 5 = 1 puluhan + 5 satuan
b. Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
Contoh :
12
Bilangan 12 = puluhannya 1 nilainya 10 satuannya 2
c. Menjumlah dua bilangan tanpa menyimpan
1) Menjumlah dengan cara mendatar
Contoh :
7 + 6 = 13
8 + 6 = 14
2) Menjumlah dengan cara bersusun panjang
3) Menjumlah dengan cara bersusun pendek
d. Mengurangkan dua bilangan tanpa meminjam
1) Cara bersusun panjang
2) Cara bersusun pendek
e. Memecahkan masalah sehari-hari dengan melibatkan penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
Tuti mempunyai 5 rambutan
Ayahnya memberinya 10 rambutan
Rambutan tuti sekarang
Rambutan itu dimakan tuti 4
Jadi sisa rambutan tuti 11
OPERASI HITUNG BILANGAN
1. Menjumlah dan mengurang bilangan
a. Mengingat penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20
Contoh :
Buah jagung, bentuk penjumlahannya 2 + 1 = 3
Atau bentuk pengurangannya 3 – 1 = 2
17 + 3 = 20
20 – 3 = 17
20 – 17 = 3
b. Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan pengelompokan
1) Sifat pertukaran
Contoh :
· 8 + 3 = 11
3 + 8 = 11
Perhitungan yang di cetak tebal menunjukkan lebih muda dan cepat
· 6 + 4 = 4 + 6 = 10
Contoh sifat pertukaran pada penjumlahan
2) Sifat pengelompokan
Contoh :
· (3 + 4) + 6 = 3 + (4 + 6) = 13
· (2 + 8) + 7 = 2 + (8 + 7) = 17
Contoh sifat pengelompokan pada penjumlahan
2. Menggunakan nilai tempat
a. Menulis bilangan dua angka
1) Bilangan 21 sampai dengan
Contoh :
· 40 + 2 = 41 dibaca empat puluh dua
· 30 + 6 = 36 dibaca tiga puluh enam
· 20 + 4 = 24 dibaca dua puluh empat
2) Bilangan 51 sampai dengan 100
· 90 + 8 = 98 dibaca sembilan puluh delapan
· 80 + 2 = 82 dibaca delapan puluh dua
· 60 + 6 = 66 dibaca enam puluh enam
1. Menghitung dan mengurutkan banyak benda
a. Membilang atau menghitung secara urut
b. Menyebutkan banyak benda
Contoh :
1 ikatan lidi ditambah 1 ikatan lidi sama dengan 2 ikatan lidi
Satu ikatan lidi sama dengan 10 lidi jadi 10 + 10 = 20
c. Membandingkan dua kumpulan benda
d. Membaca dan menulis lambang bilangan
1) Membaca lambang bilangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
10
12
13
14
15
16
17
18
19
20
2) Menulis lambang bilangan
Contoh :
Lambang bilangan dari sebelas adalah 11
Lambang bilangan dari empat belas adalah 14
e. Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur
f. Membilang loncat sampai dengan 20
g. Mengurutkan sekelompok bilangan
Contoh :
Urutkan enam kartu bilangan dari terkecil enam
Jawab :
6 7 8 9 10 11
2. Menjumlah dan mengurang bilangan
a. Menyatakan masalah sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
Didalam tas eni ada 7 pensil
Eni memasukkan lagi 5 pensil
Coba berapa pensil didalam tas eni sekarang?
Jawab :
7 + 5 = 12
Jadi pensil didalam tas eni sekarang ada 12
b. Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
c. Membaca dan menggunakan symbol +, - dan =
1) Menjumlahkan dua bilangan satu angka
Contoh :
10 + 2 = 12
20 + 3 = 23
2) Menjumlahkan tiga bilangan satu angka secara berurutan
a) Hasil sampai dengan 10
Contoh :
3 + 4 + 1 = 7 + 1 = 8
4 + 3 + 2 = 7 + 2 = 9
b) Hasil sampai dengan 20
Contoh :
4 + 5 + 6 = 9 + 6 = 15
9 + 8 + 4 =17 + 4 = 21
3) Mengurangkan bilangan satu angka dari bilangan dua angka
Perhatikan contoh berikut :
Contoh :
15 – 9 = 6
18 – 9 = 9
d. Mengingat penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
10 + 2 = 12
9 – 2 = 7
e. Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan pengelompokan
1) Sifat pertukaran
3 + 9 = 12
9 + 3 = 12
2) Sifat pengelompokan
3 + 4 + 6 = (3 + 4) + 6
= 7 + 6
= 13
11 + 4 + 5 = (11+4) + 5
= 15 + 5
= 20
CATATAN : pengerjaan dalam tanda kurung didahulukan
3. Menggunakan nilai tempat
a. Menulis bilangan 2 angka
Contoh :
12 = 10 + 2 = 1 puluhan + 2 satuan
15 = 10 + 5 = 1 puluhan + 5 satuan
b. Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
Contoh :
12
Bilangan 12 = puluhannya 1 nilainya 10 satuannya 2
c. Menjumlah dua bilangan tanpa menyimpan
1) Menjumlah dengan cara mendatar
Contoh :
7 + 6 = 13
8 + 6 = 14
2) Menjumlah dengan cara bersusun panjang
3) Menjumlah dengan cara bersusun pendek
d. Mengurangkan dua bilangan tanpa meminjam
1) Cara bersusun panjang
2) Cara bersusun pendek
e. Memecahkan masalah sehari-hari dengan melibatkan penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
Tuti mempunyai 5 rambutan
Ayahnya memberinya 10 rambutan
Rambutan tuti sekarang
Rambutan itu dimakan tuti 4
Jadi sisa rambutan tuti 11
OPERASI HITUNG BILANGAN
1. Menjumlah dan mengurang bilangan
a. Mengingat penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20
Contoh :
Buah jagung, bentuk penjumlahannya 2 + 1 = 3
Atau bentuk pengurangannya 3 – 1 = 2
17 + 3 = 20
20 – 3 = 17
20 – 17 = 3
b. Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan pengelompokan
1) Sifat pertukaran
Contoh :
· 8 + 3 = 11
3 + 8 = 11
Perhitungan yang di cetak tebal menunjukkan lebih muda dan cepat
· 6 + 4 = 4 + 6 = 10
Contoh sifat pertukaran pada penjumlahan
2) Sifat pengelompokan
Contoh :
· (3 + 4) + 6 = 3 + (4 + 6) = 13
· (2 + 8) + 7 = 2 + (8 + 7) = 17
Contoh sifat pengelompokan pada penjumlahan
2. Menggunakan nilai tempat
a. Menulis bilangan dua angka
1) Bilangan 21 sampai dengan
Contoh :
· 40 + 2 = 41 dibaca empat puluh dua
· 30 + 6 = 36 dibaca tiga puluh enam
· 20 + 4 = 24 dibaca dua puluh empat
2) Bilangan 51 sampai dengan 100
· 90 + 8 = 98 dibaca sembilan puluh delapan
· 80 + 2 = 82 dibaca delapan puluh dua
· 60 + 6 = 66 dibaca enam puluh enam
numpang promote ya min ^^
BalasHapusBosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*E*W*A*P*K
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)